Kamis, 09 April 2015

Alat peraga lingkaran


Laporan  Alat Peraga
LINGKARAN SUDUT
Dosen pengampu:DesyLusiyana, M.Pd
diajukan untuk memenuhi tugas terstruktur matakuliah Media Pembelajan
Disusun oleh:
Nining Mega Syarifah          14121510582
Nur Ahmad Bachtiar            14121510585
 PuputPrasetiyaWati             14121510589
Tiara Ari Shandy                  14121510599
 TrianaIrawati                       1412151060


PendidikanMatematika B/VI
Institut Agama Islam NegeriSyekhNurjati Cirebon
2015

BAB III
METODE PENYUSUNAN ALAT PERAGA
3.1 Standar Kompetensi
3.Memahami, menerapkan, dan menganalis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.2  Kompetensi Dasar
3.1     Mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran
3.2     Menentukan hubungan sudut pusat dan sudut keliling  lingkaran
3.3     Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran

3.3  Indikator
3.1.1 Mampu mengidentifikasi diameter, jari-jari, titik pusat lingkaran, juring, tembereng, dan busur lingkaran
3.2.1  Mampu menentukan besaran sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
3.2.2 Siswa terampil dalam menggunakan alat peraga
3.3.1 Siswa mampu menyelesaikan masalah terkait hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling lingkaran




3.4  Bentuk Alat Peraga

3.5  Alat dan Bahan
 
Alat        :
-          Penggaris                     - Pensil
-          Penghapus karet          - Jarum jahit
-          Jig saw                                    - Palu
-          Obeng                         - Gunting


 

Bahan :

-          Kayu                           - Amplas
-          Paku kecil                    - Paku mur 2 buah
-          Busur derajat 2 buah   - Karet 150 cm
-          Scotlight (merah, biru, pink, hijau, kuning )

3.6  Estimasi Dana
No.
Bahan
Harga
1
Kayu
Rp 60.000
2
Skotlight (merah, biru, pink, hijau, kuning)
Rp 31.000
3
Busur derajat 2 buah @7000
Rp 14.000
4
Paku kecil
Rp 4000
5
Paku mur
Rp 4000
6
Karet
Rp 2000

Jumlah
Rp 115.000

3.7  Teknik  Pembuatan
Cara Pembuatan        :
a.      Papan Alat Peraga

Ƙ  Buat lingkaran dengan jari-jari 25 cm  pada kayu.
Ƙ  Potong kayu dengan menggunakan jigsaw sesuai lingkaran yang telah dibuat.
Ƙ  Bor bagian pusat lingkaran dan daerah permukaan lingkaran seukuran paku mur.
Ƙ  Amplas kayu yang telah dipotong agar permukaan bidang lingkaran menjadi halus.
Ƙ  Buat daearah tembereng dan juring lingkaran.
Ƙ  Gunting skotlight sesuai lingkaran yang telah dibuat.
Ƙ  Tempelkan skotlight pada lingkaran dengan menggunakan warna merah, tembereng warna biru, dan juring warma kuning.
Ƙ  Hiasi bagian pinggir papan dengan scotlight.
Ƙ  Tancapkan paku mur pada pusat lingkaran dan salah satu titik pada daerah permukaan lingkaran.
Ƙ  Tancapkan dua buah paku pada daerah permukaan yang lain lingkaran tersebut.

b.      Pembentuk Kaki Sudut
Ƙ  Tempelkan kedua ujung karet kemudian jahit dengan jarum dan benang.

c.       Pengukur Sudut Alat Peraga
Ƙ  Buat dua buah lingkaran dengan jari-jari 8 cm  pada kayu.
Ƙ  Potong kayu sesuai lingkaran yang telah dibuat.
Ƙ  Amplas kayu yang telah dipotong agar permukaan bidang lingkaran menjadi halus.
Ƙ  Gunting scotlight sesuai lingkaran yang telah dibuat.
Ƙ  Tempelkan scotlight untuk melapisi kayu.
Ƙ  Tempelkan busur derajat pada kayu yang telah dilapisi scotlight.
Ƙ  Bor bagian tengah kayu seukuran paku.
Ƙ  Letakkan Pengukur Sudut Alat Peraga pada paku mur.

3.8  Cara Penggunaan alat peraga
a.      Menunjukkan hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling pada suatu lingkaran.
§  Pasangkan Pengukur sudut di paku paling atas dan di tengah (titik pusat lingkaran) Papan Alat Peraga.
§  Ambil Pembentuk Kaki Sudut lalu belitkan pada paku sehingga terbentuk sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
§  Posisikan busur sedemikian sehingga dapat ditentukan besar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
§  Dapat terlihat bahwa besar sudut pusat adalah dua kali besar sudut kelilingnya.

b.      Menunjukkan hubungan antar sudut keliling pada suatu lingkaran.
§  Pasangkan Pengukur sudut di paku paling atas dan salah satu paku di daerah permukaan lingkaran yang lain pada Papan Alat Peraga..
§  Ambil  Pembentuk Kaki Sudut lalu belitkan pada paku sehingga terbentuk dua buah sudut keliling lingkaran.
§  Posisikan busur sedemikian sehingga dapat ditentukan besar kedua sudut keliling lingkaran.
§  Dapat terlihat bahwa besar sudut antar-sudut keliling adalah sama.
3.9 Contoh Penggunaan alat peraga
a.Menyebutkan unsur  - unsur lingkaran
Tembereng : Luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur.Pada gambar diatas ditunjukkan dengan warna biru.
Juring Kecil : Juring yang luasnya kurang dari setengah luas lingkaran. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan warna kuning.
Juring besar: Juring yang luasnya lebih dari setengah luas lingkaran. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan warna merah dan biru.
Busur kecil:  Busur yang panjangnya kurang dari setengah keliling lingkaran. Pada  gambar diatas ditunjukkan dengan keliling warna kuning.
Busur besar : Busur yang panjangnya lebih dari setengah keliling lingkaran. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan keliling warna merah dan biru.

b. Menunjukkan hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling pada suatu lingkaran.
Misalkan kita akan mengetahui sudut pusat lingkaran yang diketahui sudut keliling lingkarannya sebesar 600

ü    Pasangkan Pengukur sudut di paku paling atas dan di tengah (titik pusat lingkaran) Papan Alat Peraga sebesar 600
ü    Ambil Pembentuk Kaki Sudut lalu belitkan pada paku sehingga terbentuk sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
ü    Posisikan busur sedemikian sehingga dapat ditentukan besar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
ü    Dapat terlihat bahwa besar sudut pusat adalah dua kali besar sudut kelilingnya yaitu sebesar 1200
c. Menunjukkan hubungan antar sudut keliling pada suatu lingkaran.
Misalkan kita akan mengetahui hubungan antar sudut keliling pada suatu lingkaran yang diketahui sudut keliling adalah sebesar 300.

ü  Pasangkan Pengukur sudut di paku paling atas dan salah satu paku di daerah permukaan lingkaran yang lain pada Papan Alat Peraga..
ü  Ambil  Pembentuk Kaki Sudut lalu belitkan pada paku sehingga terbentuk dua buah sudut keliling lingkaran.
ü  Posisikan busur sedemikian sehingga dapat ditentukan besar kedua sudut keliling lingkaran.
ü  Dapat terlihat bahwa besar sudut antar-sudut keliling adalah sama.






BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
Dengan adanya alat peraga “lingkaran sudut” yang kami buat siswa dapat megidentifikasi unsur-unsur lingkaran,membedakan sudut keliling dan sudut pusat lingkaran serta terampil dalam menentukan hubungan antara sudut keliling dan sudut pusat lingkaran  sehingga di dapat Jika sudut pusat dan sudut keliling menghadap busur yang sama maka besar sudut pusat = 2 x besar sudut keliling, serta siswa dapat menunjukkan bahwa besar sudut antar-sudut keliling adalah sama.











DAFTAR PUSTAKA

B. Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2014.Matematika SMP/MTs kelas VIII  Semester 2.Jakarta : Kemendikbud.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar