Laporan Alat Peraga
LINGKARAN SUDUT
Dosen pengampu:DesyLusiyana,
M.Pd
diajukan untuk memenuhi tugas terstruktur matakuliah
Media Pembelajan
Disusun oleh:
Nining Mega Syarifah 14121510582
Tiara Ari Shandy 14121510599
TrianaIrawati 1412151060
TrianaIrawati 1412151060
PendidikanMatematika B/VI
Institut Agama Islam NegeriSyekhNurjati Cirebon
BAB III
METODE
PENYUSUNAN ALAT PERAGA
3.1 Standar
Kompetensi
3.Memahami, menerapkan, dan menganalis
pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan
rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
3.2
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur lingkaran
3.2 Menentukan
hubungan sudut pusat dan sudut keliling
lingkaran
3.3 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat dan sudut
keliling lingkaran
3.3
Indikator
3.1.1 Mampu mengidentifikasi
diameter, jari-jari, titik pusat lingkaran, juring, tembereng, dan busur
lingkaran
3.2.1 Mampu
menentukan besaran sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
3.2.2 Siswa terampil dalam menggunakan alat peraga
3.3.1 Siswa mampu menyelesaikan
masalah terkait hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
3.4
Bentuk Alat Peraga
3.5
Alat
dan Bahan
Alat :
-
Penggaris -
Pensil
-
Penghapus karet -
Jarum jahit
-
Jig saw -
Palu
-
Obeng -
Gunting
Bahan :
-
Kayu -
Amplas
-
Paku kecil -
Paku mur 2 buah
-
Busur derajat 2 buah -
Karet 150 cm
-
Scotlight (merah, biru, pink, hijau, kuning )
3.6
Estimasi Dana
No.
|
Bahan
|
Harga
|
1
|
Kayu
|
Rp
60.000
|
2
|
Skotlight (merah,
biru, pink, hijau, kuning)
|
Rp
31.000
|
3
|
Busur derajat 2 buah
@7000
|
Rp 14.000
|
4
|
Paku kecil
|
Rp 4000
|
5
|
Paku mur
|
Rp 4000
|
6
|
Karet
|
Rp 2000
|
Jumlah
|
Rp 115.000
|
3.7 Teknik Pembuatan
Cara
Pembuatan :
a.
Papan Alat Peraga
Ć Buat lingkaran dengan jari-jari 25
cm pada kayu.
Ć Potong kayu dengan menggunakan
jigsaw sesuai lingkaran yang telah dibuat.
Ć Bor bagian pusat lingkaran dan daerah
permukaan lingkaran seukuran paku mur.
Ć Amplas kayu yang telah dipotong agar
permukaan bidang lingkaran menjadi halus.
Ć Buat daearah tembereng dan juring
lingkaran.
Ć Gunting skotlight sesuai lingkaran
yang telah dibuat.
Ć Tempelkan skotlight pada lingkaran
dengan menggunakan warna merah, tembereng warna biru, dan juring warma kuning.
Ć Hiasi bagian pinggir papan dengan
scotlight.
Ć Tancapkan paku mur pada pusat
lingkaran dan salah satu titik pada daerah permukaan lingkaran.
Ć Tancapkan dua buah paku pada daerah
permukaan yang lain lingkaran tersebut.
b.
Pembentuk Kaki Sudut
Ć Tempelkan kedua ujung karet kemudian
jahit dengan jarum dan benang.
c.
Pengukur Sudut Alat Peraga
Ć Buat dua buah lingkaran dengan
jari-jari 8 cm pada kayu.
Ć Potong kayu sesuai lingkaran yang
telah dibuat.
Ć Amplas kayu yang telah dipotong agar
permukaan bidang lingkaran menjadi halus.
Ć Gunting scotlight sesuai lingkaran
yang telah dibuat.
Ć Tempelkan scotlight untuk melapisi
kayu.
Ć Tempelkan busur derajat pada kayu yang
telah dilapisi scotlight.
Ć Bor bagian tengah kayu seukuran
paku.
Ć Letakkan Pengukur Sudut Alat Peraga
pada paku mur.
3.8 Cara
Penggunaan alat peraga
a. Menunjukkan hubungan antara sudut
pusat dan sudut keliling pada suatu lingkaran.
§ Pasangkan Pengukur sudut di paku
paling atas dan di tengah (titik pusat lingkaran) Papan Alat Peraga.
§ Ambil Pembentuk Kaki Sudut lalu
belitkan pada paku sehingga terbentuk sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
§ Posisikan busur sedemikian sehingga
dapat ditentukan besar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
§ Dapat terlihat bahwa besar sudut
pusat adalah dua kali besar sudut kelilingnya.
b. Menunjukkan hubungan antar sudut
keliling pada suatu lingkaran.
§ Pasangkan Pengukur sudut di paku
paling atas dan salah satu paku di daerah permukaan lingkaran yang lain pada
Papan Alat Peraga..
§ Ambil Pembentuk Kaki Sudut
lalu belitkan pada paku sehingga terbentuk dua buah sudut keliling lingkaran.
§ Posisikan busur sedemikian sehingga
dapat ditentukan besar kedua sudut keliling lingkaran.
§ Dapat terlihat bahwa besar sudut
antar-sudut keliling adalah sama.
3.9
Contoh Penggunaan alat peraga
a.Menyebutkan
unsur - unsur lingkaran
Tembereng : Luas daerah dalam lingkaran
yang dibatasi oleh busur dan tali busur.Pada gambar diatas ditunjukkan dengan
warna biru.
Juring Kecil : Juring yang luasnya
kurang dari setengah luas lingkaran. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan
warna kuning.
Juring besar: Juring yang luasnya lebih
dari setengah luas lingkaran. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan warna merah
dan biru.
Busur kecil: Busur yang panjangnya kurang dari setengah
keliling lingkaran. Pada gambar diatas
ditunjukkan dengan keliling warna kuning.
Busur besar : Busur yang panjangnya
lebih dari setengah keliling lingkaran. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan
keliling warna merah dan biru.
b. Menunjukkan
hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling pada suatu lingkaran.
Misalkan
kita akan mengetahui sudut pusat lingkaran yang diketahui sudut keliling
lingkarannya sebesar 600
ü
Pasangkan Pengukur sudut di paku paling atas dan di tengah
(titik pusat lingkaran) Papan Alat Peraga sebesar 600
ü
Ambil Pembentuk Kaki Sudut lalu belitkan pada paku sehingga
terbentuk sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
ü
Posisikan busur sedemikian sehingga dapat ditentukan besar
sudut pusat dan sudut keliling lingkaran.
ü
Dapat terlihat bahwa besar sudut pusat adalah dua kali besar
sudut kelilingnya yaitu sebesar 1200
c. Menunjukkan
hubungan antar sudut keliling pada suatu lingkaran.
Misalkan
kita akan mengetahui hubungan antar sudut keliling pada suatu lingkaran yang
diketahui sudut keliling adalah sebesar 300.
ü Pasangkan Pengukur sudut di paku
paling atas dan salah satu paku di daerah permukaan lingkaran yang lain pada
Papan Alat Peraga..
ü Ambil Pembentuk Kaki Sudut
lalu belitkan pada paku sehingga terbentuk dua buah sudut keliling lingkaran.
ü Posisikan busur sedemikian sehingga
dapat ditentukan besar kedua sudut keliling lingkaran.
ü Dapat terlihat bahwa besar sudut
antar-sudut keliling adalah sama.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dengan
adanya alat peraga “lingkaran sudut” yang kami buat siswa dapat megidentifikasi
unsur-unsur lingkaran,membedakan sudut keliling dan sudut pusat lingkaran serta
terampil dalam menentukan hubungan antara sudut keliling dan sudut pusat
lingkaran sehingga di dapat Jika sudut pusat dan sudut keliling
menghadap busur yang sama maka besar sudut pusat = 2 x besar sudut keliling,
serta siswa dapat menunjukkan bahwa besar sudut antar-sudut keliling
adalah sama.
DAFTAR PUSTAKA
B. Uno, Hamzah. 2007. Teori
Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2014.Matematika SMP/MTs kelas VIII Semester 2.Jakarta : Kemendikbud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar